Saturday, April 30, 2011

Peringatan Hari OTDA, Bentuk Evaluasi Daerah

ARGA MAKMUR, BE – Dalam peringatan hari otonomi daerah yang ke-15. Pemkab Bengkulu Utara merefleksikan hal tersebut sebagai bentuk evaluasi bagi Pemkab Bengkulu Utara. Dalam hal ini pelaksanaan otonomi yang dijalankan selama ini yang dijalankan oleh Pemkab Bengkulu Utara sudah sesuai dengan tujuan otonomoi daerah. Otonomi daerah memberikan kesempatan bagi daerah untuk mengatur wilayahnya sendiri sesuai dengan otoritas yang dimiliki. Dalam hal ini, pemerintah daerah semestinya berlomba melakukan terobosan dalam memberikan kemudahan bagi pelayanan publik.


“Evaluasi pelaksanaan otonomi daerah mesti terus dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah,” ujar Wabup, Ir Mian.

Sebagai daerah otonom, wilayah Bengkulu Utara yang cukup luas mesti memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakatnya. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah terhadap masyarakatnya.


Perlunya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah serta pemerataan pegawai dalam rangka optimalisasi pelayanan daerah. Otonomi daerah harus dimaksimalkan oleh daerah untuk memberikan program yang berguna untuk masyarakat mengingat peran daerah sangat besar terkait pelaksnaaan otonomi yang diterapkan. “Otonomi mestinya dijalankan secara maksimal untuk kemajuan daerah,” ujarnya.


OTDA telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah. Dimana daerah diberikan kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya dalam kurun waktu satu dasawarsa pelaksanaan otonomi daerah. Dari aspek dukungan regulasi, juga diperlukan penyelarasan seluruh ketentuan dan peraturan yang telah dikeluarkan sesuai UUD 1945.


Sehingga terbangun hirarki dan tertib penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik dari tingkat pusat hingga ke daerah. “Pemerintah daerah akan terus memperbaiki penyelenggaraan Otda yang lebih meningkat bagi kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat di masa depan. Sehingga juga kebijakan desentralisasi dan Otda sendiri yang sejauh ini telah berjalan dengan baik kian mendorong penyelenggaraan pemerintah daerah yang lebih dinamis serta mengembangkan partisipasi rakyat,” tukasnya.