Saturday, April 30, 2011

Bawang Bombay, Beda Irisan Beda Fungsi


awang paling bulat, ya bawang bombay. Oleh karena bentuknya itu, kita bisa mengirisnya secara horizontal atau vertikal, dengan hasil irisan bulat sempurna atau sedikit tidak beraturan. Namun berbeda tidak ya rasa dan fungsinya untuk masakan?


Ternyata bagaimana Anda mengirisnya memiliki fungsi yang berbeda untuk masakan Anda. Jika Anda memotongnya dari atas ke bawah atau dari ujung bawang hingga dasarnya, serat bawang ikut terpotong secara mendatar dan potongannya nampak bulat sempurna. Potongan ini lebih tahan selama pemasakan, dalam arti tidak mudah hancur sehingga sangat cocok untuk masakan seperti casserole atau sup di mana Anda ingin melihat bulatan-bulatan bawang bombay nampak tetap cantik saat disantap.


Sebaliknya, jika Anda memotong bawang bombay dari kanan ke kiri, atau dari samping ke samping, maka bawang akan teriris searah dengan serat bawang. Potongan ini menyebabkan bawang mudah hancur dan bentuknya menjadi tidak karuan, sehingga potongan ini akan cocok untuk tumis dan masakan lain yang tidak membutuhkan bawang bombay sebagai pemanis penampilan