Saturday, April 30, 2011

Amerika Dihajar Tornado, 300 Orang Tewas

Tak kurang dari 305 orang tewas akibat Tornado yang menyapu kawasan selatan Ame­­rika Serikat (AS). Dari jumlah itu, korban terbanyak dari negara bagian Alabama dan Arkansas yang totalnya 204 orang.


Angin tornado dengan ke­cepatan 135 mil per jam ter­sebut merupakan rangkaian dari tornado yang menyapu Negeri Paman Sam di bagian selatan, awal pekan ini. Selain m­e­nimbulkan kerusakan dan kor­ban jiwa masif, rangkaian tornado itu mengakibatkan hujan deras dan banjir mulai Texas hingga Georgia.


“Kami mendapati, 204 orang tewas di negara bagian Ala­bama. Di Tuscaloosa, 36 orang. Tuscaloosa, Alabama, meru­pakan wilayah yang paling parah terlanda tornado, Se­dangkan Arkansas masih dit­e­tapkan dalam kondisi darurat,” kata juru bicara manajemen penanganan bencana kepada AFP, kemarin.


Para pejabat mempe­ringat­kan, jumlah pasti korban tewas dalam bencana tornado ter­buruk yang menerjang AS dalam 40 tahun ini belum bisa diketahui dalam beberapa hari.


Warga mengatakan, tornado muncul 24 menit lebih awal. “Ini adalah badai super-cell paling kuat yang peramal per­nah saksikan. Jika Anda di­hantam salah satu badai ini, Anda harus berada dalam ru­angan yang diperkuat penam­pungan badai atau ruang bawah tanah,” kata peramal Dinas Cuaca Nasional, Greg Carbin.


Alabama Emergency Mana­gement mengatakan, 210 kor­ban tewas. Ada 33 korban te­was di Mississippi, 33 di Ten­nessee, 15 di Georgia, lima di Virginia, dan satu di Kentucky. Ratusan bahkan ribuan orang terluka-hampir 800 di wi­la­yah Tuscaloosa saja.