Saturday, May 21, 2011

Presiden Terima Satgas Pembebasan MV Sinar Kudus

Presiden RI (Ist)


JAKARTA, PESATNEWS- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima Satuan Tugas Pembebasan MV Sinar Kudus yang telah disandera perompak Somalia selama hampir satu bulan lebih.


Upacara penerimaan akan dilaksanakan di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta, pada Minggu (22/5), kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Tri Prasodjo saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Sabtu.


Untuk membebaskan MV Sinar Kudus yang disandera perompak Somalia selama hampir 46 hari, TNI menggelar operasi “Duta Samudra I/2011″ yang dipimpin Brigjen TNI (Mar) Alfan Baharudin yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.


Dalam operasi pembebasan itu, TNI mengerahkan tiga KRI yakni KRI Banjarmasin-592, KRI Yos Sudarso-353 dan KRI Abdul Hakim Perdanakusuma-355 beserta helikopter dan “sea riders”.


Sedangkan pasukan yang dilibatkan antara lain terdiri atas komando pasukan khusus TNI Angkatan Darat (Kopassus) dan Detasemen Jala Mangkara, Korps Marinir TNI Angkatan Laut.


Acara penerimaan Satgas Duta Samudra tersebut diawali dengan beberapa manuver udara dan laut, dilanjutkan dengan kehadiran tiga KRI secara berurutan ke Dermaga Kolinlamil yakni KRI Abdul Halim Perdanakusuma, KRI Yos Sudarso dan KRI Banjarmasin.


Direncanakan hadir Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, nahkoda dan awak MV Sinar Kudus dan Asosiasi Perkapalan Indonesia.