Saturday, May 21, 2011

Anda Ingin Berpartisipasi Kurangi Macet di jakarta? Ini Caranya

JAKARTA, PESATNEWS- Salah satu masalah terbesar kota besar, khususnya Jakarta saat ini adalah kemacetan. Meski pemerintah sudah pernah mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi kemacetan, tetapi hingga kini belum juga ada perubahan signifikan.


Nah, daripada hanya protes dan pasif menunggu kebijakan terbaru dalam mengatasi kemacetan, setiap pengendara sebenarnya dapat menyumbangkan peran aktifnya. Efek terhadap berkurangnya kemacetan akan lebih kuat apabila peran ini kita sosialisasikan kepada pengendara-pengendara lain.


Berikut ini beberapa hal yang dapat kita terapkan dalam membantu mengurangi kemacetan yang semakin memperparah jalan-jalan ibukota:


Pertama, tertiblah dalam berlalulintas. Perhatikan dan patuhi rambu-rambu jalan, traffic light, marka jalan yang terdapat di jalan raya. Bila dilarang memutar (U Turn), sebaiknya lurus terus dan cari putaran berikutnya.


Yang sering terjadi, pengendara tidak mengindahkan garis putih batas berhenti ketika lampu merah menyala. Akibatnya, pengguna jalan dari jalur lain bisa terhalang. Umumnya, halangan tersebut berbuntut panjang dan bisa berakhir dengan macet total di persimpangan bila para pengguna sama-sama tidak bersabar dan saling berebut jalur.


Kedua, kenali rute yang akan kita lewati dan berusahalah menghindar atau mencari jalan alternatif apabila akan menempuh wilayah yang sudah dikenal sebagai kawasan macet pada jam-jam dan waktu-waktu tertentu. Khusus saat hujan, kita harus lebih memperhitungkan juga kawasan yang biasa tergenang air. Genangan air juga menjadi penyebab tersendatnya arus lalu lintas.


Ketiga, biasakan parkir di area yang benar-benar resmi dan diperuntukkan untuk parkir. Bila terpaksa harus parkir di pinggir jalan, usahakan tidak terlalu lama. Bagaimanapun, tindakan “memakan” sebagian area jalan bisa memicu penumpukan jumlah mobil di area tersebut.


Keempat, selain kecelakaan, banyak kasus kemacetan dipicu oleh kondisi darurat yang dialami salah satu pengguna jalan. Misalnya, mogok karena overheating atau ban pecah. Karena itu, pastikan mobil dalam kondisi prima sebelum kita benar-benar menginjak gas dan menikmati kenyamanan berkendara.