Sunday, May 22, 2011

Tanaman Herbal Randu

Nama Latin : Ceiba Pentanda,Gaertn


Nama Lokal : Randu


Diskripsi : Tanaman herbal randu adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari dari Amerika selatan, Amerika tengah dan karibia. Tanaman herbal ini banyak ditanam di Asia terutama dijawa.Pohon randu tumbuh dengan ketinggian 1000 m diatas permukaan laut. Biasanya tanaman randu ini tumbuh didaran rendah dan panas.


Ciri-ciri tanaman herbal randu :


ini merupakan gambar randu

Randu




  • Pohon : Batang seperti tiang lurus berduri.

  • Daun : Daun sedikit berwarna hijau.

  • Bunga : Berwarna buram, berbau harum dan indah.

  • Buah : Biji mengandung minyak dan bulu biji seperti sutera yang dinamai dengan kapuk. Biji berwarna hijau ketika masih muda dan kulit berwarna coklat setelah randu tua.


Berikut adalah beberapa khasiat tanaman herbal randu :



  1. Sebagai obat herbal penghilang bekas luka : Ambil dan randu dan air hangat secukupnya, bersikan bekas luka dengan air hangat setelah bersih lalu gosok-gosok bekas luka dengan daun randu sampai berulang-ulang kali, setelah itu bersikan dengan sabun.

  2. Sebagai obat herbal panas dalam : Ambil 5 helai daun randu, 600 cc air matang dingin dan gula aren secukupnya. Masukkan daun randu kedalam air kemudian remas-remas tambahkan gula aren secukupnya, aduk rata. Minum 3 x sehari sampai sembuh.

  3. Sebagai herbal penyubur rambut : Ambil 15 helai daun randu, rebus dengan air bersih sampai mendidih, dinginkan. Basahi rambut dengan air rebusan daun randu tersebut sambil dipijat-pijat diamkan selama kurang lebih 1/2 jam, kemudian bilas dengan sampo seperti biasa keramas, lakukan 2 x dalam seminggu.