Monday, May 9, 2011

Light Radio Bakal Geser Keberadaan BTS

Salah satu menara BTS milik operator Telkomsel

TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Kemacetan yang mulai meningkat pada komunikasi seluler akan dapat dicegah seiring dengan diluncurkannya teknologi perintis yang dapat mengatasi kemacetan-kemacetan (bottlenecks) pada jaringan seluler dan membantu penyampaian liputan broadband universal.

Alcatel-Lucent, grup teknologi jaringan terkemuka, telah menggalang kekuatan dengan rekanan industri untuk menciptakan light Radio™, sebuah sistem baru yang akan mengakhiri ketergantungan industri pada tiang-tiang menara dan base station di seluruh dunia.

Ben Verwaayen, Chief Executive Officer Alcatel-Lucent, mengatakan: “Permintaan akan jangkauan dan kapasitas saat ini dan di masa datang membutuhkan terobosan di komunikasi seluler.”

Menurut Ben “lightRadio akan mengakhiri keberadaan base station and menara seluler yang kita kenal sekarang.”

Pemerintah dan badan pengawas diharapkan akan menyambut baik perkembangan teknologi yang akan membantu memenuhi target untuk akses broadband universal dengan meletakkan dasar untuk mengatasi apa yang disebut “kesenjangan digital”.

Manfaat besar lainnya dari lightRadio™ : Mengurangi jejak karbon jaringan-jaringan seluler hingga lebih dari 50%, selain itu juga dapat menurunkan Total-Cost-of-Ownership operator seluler hingga 50%.

Diutarakan Wim Sweldens, President Alcatel-Lucent divisi Wireless “lightRadio akan membantu para operator seluler meng-evolusi jaringan-jaringan mereka untuk mengatasi 'banjir' broadband seluler.”

LightRadio mewakili cara pendekatan baru di mana base station, yang biasanya berlokasi di dasar menara seluler, akan dipecah menjadi elemen-elemen komponen dan kemudian didistribusikan ke antena dan ke seluruh jaringan serupa ‘cloud’.

Bukan hanya itu, namun LightRadio juga bakal memperkecil 'kekacauan' antenna saat ini dalam melayani 2G, 3G dan sistem LTE menjadi sebuah antena tunggal yang penuh daya rintisan Bell Labs, yang dapat dipasangkan pada tiang, sisi gedung atau di manapun asalkan tersedia daya dan koneksi broadband.

Inovasi ini bertepatan dengan meningkatnya permintaan jaringan seluler dan perangkat-perangkat generasi ke-tiga dan ke-empat, di antaranya adopsi masal dari layanan televisi nirkabel dan bentukbentuk lain dari konten broadband.

Pasar yang dapat disasar oleh teknologi Light radio antara lain untuk melayani permintaan jaringan dan perangkat-perangkat tersebut diharapkan dapat melebihi 100 milyard Euro ¹ dalam kurun waktu tujuh tahun ke depan.