Sunday, May 22, 2011

Dapatkan Tubuh Sehat Dengan Makanan bervitamin

Dapatkan tubuh sehat dengan vitamin. Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai unsur kesehatan. Vitamin diperlukan sebagai zat pengatur dan pencegah timbulnya penyakit. Seseorang yang kekurangan vitamin akan mudah terserang penyakit. Kekurangan vitamin didalam tubuh disebut avitaminosis. Akan tetapi jika kelebihan vitamin disebut hipervitaminosis. Untuk menghindari hal tersebut perhatikan pola makan anda setiap hari. Vitamin yang diperlukan, diantara lain vitamin A, B, C, D, E, dan K.




ini merupakan gambar makanan yang bervitamin

Makanan yang bervitamin




  • Vitamin A


Makanan yang banyak mengandung vitamin A, antara lain telur, susu, mentega, dan minyak ikan. Makanan tersebut diperoleh dari hewan, sedangkan yang berasal dari tumbuhan, antara lain wortel, buah-buahan yang berwarna dan umbi-umbian yang berwarna. Vitamin A sangat berguna untuk kesehatan mata dan pertumbuhan.



  • Vitamin B


Vitamin B juga sangat penting untuk pertumbuhan. Jika orang kekurangan vitamin B maka akan terhambat pertumbuhannya dan menderita penyakit beri-beri. Untuk itu, vitamin B berguna untuk mencegah penyakit beri-beri dan menambah nafsu makan. Makanan yang banyak mengandung vitamin B, antara lain beras, kacang-kacangan, susu, keju, telur dan daging.



  • Vitamin C


Guna vitamin C dalam tubuh adalah untuk mencegah gusi berdarah, perdarahan usus, sariawan, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Makanan yang banyak mengandung vitamin C, misal jambu biji, pepaya, jeruk, tomat, mangga, dan sayuran.



  • Vitamin D


Vitamin D sangat berguna untuk pembentukan tulang dan gigi sekaligus berguna untuk mencegah penyakit tulang. Penyakit tulang yang berbahaya ialah rakitis. Makanan yang banyak mengandung vitamin D antara lain hati, telur, minyak ikan.



  • Vitamin E


Vitamin E berguna untuk menyuburkan pertumbuhan rambut dan mencegah kemandulan. Hewan yang kekurangan vitamin E tersebut akan sukar mendapat keturunan. Makanan yang banyak mengandung vitamin E ialah kacang-kacangan, biji-bijian yang sedang tumbuh, dan sayuran yang berwarna hijau.



  • Vitamin K


Vitamin K berguna untuk pembekuan darah. Jika tanganmu luka dan mengeluarkan darah , setelah beberapa saat darah itu membeku. darah itu cepat membeku karena bantuan vitamin K. Makanan yang banyak mengandung vitamin K, antara lain sayuran hijau dan lemak.



  • Mineral


Mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Namun, mineral harus ada dalam makanan. Hal tersebut dikarenakan jika tubuh kekurangan mineral maka kesehatan kita akan tergangggu. Mineral yang penting dalam tubuh ialah kapur atau kalsium, fosfor, besi, fluor, dan yodium.



  • Kapur atau kalsium


Zat kapur atau kalsium berguna untuk pembentukan tulang dan gigi, membantu pembekuan darah jika luka, serta membantu kerja otot dan saraf. Makanan yang banyak mengandung zat kapur misal ikan, susu dan sayuran.



  • Fosfor


Zat fosfor sangat berguna untuk pembentukan tulang dan gigi. Makanan yang banyak mengandung fosfor antara lain kacang panjang, kacang edelai dan susu.



  • Besi


Zat besi berguna untuk pembentukan darah merah. Dan sangat penting bagi tubuh kita karena darah berfungsi sebagai alat angkut sari-sari makanan dan gas oksigen. Makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti hati, kuning telur, ikan, sayuran hijau.



  • Flour


Zat flour untuk mencegah kerusakan gigi yang disebut karies. Sumber fluor, antara lain kuning telur, susu dan otak.



  • Yodium


Pernahkah kalian melihat orang sakit gondok? Seseorang akan menderita sakit gondok, jika didalam tubuhnya kekurangan zat yodium. Penderita penyakit gondok, kelenjar gondoknya membengkak. Makanan yang banyak mengandung zat yodium ialah garam dapur, ikan laut, dan sayuran.



  • Air


Tubuh kita selalu memerlukan air. Air dalam tubuh kita diperlukan sebagai pelarut. Makanan harus larut dalam air dulu supaya mudah diserap oleh alat tubuh.