Saturday, May 21, 2011

gaun Putri Diana Bakal Dilelang Setegah Juta Dolar

FLORIDA, PESATNEWS- Sebanyak 14 pakaian yang pernah dikenakan Putri Diana, termasuk gaun beludru sutra biru yang ia pakai untuk makan malam di Gedung Putih 1985, akan dilelang bulan depan.


Nilai sebagian besar pakaian dalam koleksi tersebut berkisar antara 175.000 dan 550.000 dolar AS, demikian keterangan rumah lelang Kanada yang akan menangani penjualan itu di Toronto pada 23 Juni.


Namun gaun biru tersebut terdaftar dengan harga antara satu juta hingga 1,25 juta dolar AS. Putri Diana mengenakannya ketika ia menari, yang membuatnya terkenal, dengan aktor AS John Travolta dalam jamuan makan malam di Gedung Putih yang dituanrumahi oleh presiden Ronald Reagan dan istrinya, Nancy.


Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (21/5) pakaian itu dibeli sebagai penanaman modal oleh wanita pengusaha Tampa, Maureen Dunkel, dengan harga total 700.000 dolar AS pada 1997, delapan pekan sebelum Putri Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris.


Setelah kematian Putri Diana, Maureen menyelenggarakan yayasan nirlaba untuk membawa pakaian tersebut berkeliling dan mengumpulkan uang buat lembaga amal Diana.


Koleksi itu telah dipamerkan di berbagai kota besar di Amerika Serikat, Kanada dan Selandia Baru dan dipertunjukkan selama 10 tahun di Kensington Palace, London, tempat Putri Diana tinggal setelah bercerai dari Pangeran Charles, kata Maureen.