Monday, May 9, 2011

Wooww… BlackBerry Curve 8530 Bisa Gunakan Kartu CDMA

JAKARTA, PESATNEWS – Pasar smartphone semakin hari semakin dibanjiri dengan beragam produk, dimana semuanya memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Nah sekitar dua minggu lalu, AHA (affordable hyper speed access) membuat kejutan dengan menghadirkan BlackBerry berbasis CDMA di Indonesia.


Peluncuran ini ditandai dengan perangkat BlackBerry Curve 8530 di Cilandak Town Square, Jakarta. Karena itulah AHA menjadi operator ke tujuh yang menyediakan layanan BlackBerry. Sebagai pemain baru Bakrie Connevtivity (BConnect) sebagai pemegang merek AHA harus berkompetisi dengan operator-operator raksasa seperti, Telkomsel, Indosat, dan XL yang lebih dulu menguasai pasar.


Meski demikian, perangkat BlackBerrt Curve 8530 merupakan satu-satunya senjata untuk masuk ke arena perang BlackBerry. AHA pun mengandalkan kecepatan dan harga yang murah dengan fisik yang mirip dengan BlackBerry Curve 8520 atau dikenal dengan BlackBerry Gemini.


Keduanya memiliki panjang 10,9 sentimeter (cm), lebar 6 cm, tebal 1,3 cm, dan berat 106 gram. Material dan bentuk keypad Qwerty-nya pun tak ada yang berbeda. Sama halnya dengan Gemini, BlackBerry Curve 8530 pun tidak memiliki trackball. Sebagai gantinya, Research In Motion (RIM) menyematkan optical trackpad yang sensitif atas sentuhan jari, yang ditemani dengan tombol Call/Dial, End/Power, Menu, dan beberapa tombol multimedia di sisi atas.


Sementara itu, pada sisi kirinya terdapat port micro USB yang berfungsi untuk mengisi ulang baterai atau mentransfer data via kabel. Selain itu, terdapat pula jack stereo 3,5 mm dan shortcut untuk voice commander. Sedangkan bagian kanan terdapat tombil volume, shortcut untuk kamera, dan microphone.


Untuk susunan keypadnya sama dengan BlackBerry Javelin, hanya lebih keras seperti BlackBerry Gemini. Sedagkan layar menggunakan TFT 65.000 warna sebesar 2,4 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel, resolusi yang cukup untuk smartphone.


Sedangkan untuk perbedaanya terdapat pada kinerja prosesor. Kalau Gemini memiliki prosesor dengan kemampuan 512 MHz, sedangkan Curve 8530 bertenaga 528 MHz. Selain itu, layanan ribuan lagu lokal dan barat asli di aplikasi dari AHAvibe. Disini pelanggan bsia memilih 3 paket BIS yang diinginkan, meliputi paket harian seharga Rp 5.000, minggua Rp. 30 ribu, dan bulanan Rp. 99 ribu.