Saturday, May 7, 2011

Bagaimana Tumbuh Kembang Bayi Bulan Ke Sebelas

Kaki dan Sepatu.


Kaki anak mungkin kelihatan aneh pada tahap ini. Kebanyakan anak kecil mulai berdiri di atas apa yang tampak seperti kaki yang tergulung. Ketika mereka mulai menyeimbangkan dengan kaki-kaki terbuka lebar, kaki-kaki tersebut membengkok keluar dan mereka kelihatan seperti bebek berjalan.


Jangan takut.


Ketika anak kecil belajar berjalan, mereka mendapat keseimbangan, tidak lagi perlu langkah yang lebar, dan memiliki kaki dan lengkung yang lebih kuat. Sewaktu belajar berjalan, anak kecil perlu bisa mencengkeram dengan jari-jari kakinya; sepatu dengan sol sangat lunak atau kaki telanjang jauh lebih bagus dari sol keras.


Kemajuan Fisik.


Kebanyakan bayi berusia 11 bulan sedang menuju ke langkah pertama kemandirian, meskipun kebanyakan tidak akan mendapatkannya di bulan ini. Kebanyakan bayi usia ini akan telah menggunakan alat bantu jalan mereka sendiri dari kursi yang ringan atau kereta bayi. Bayi umumnya akan dapat menjatuhkan dan memungut mainan dengan satu tangan sambil disanggah oleh tangan yang lain. Beberapa ahli dalam membesarkan anak tidak menyarankan penggunaan alat bantu berjalan (walker) karena banyak menimbulkan kecelakaan dan mungkin menghambat perkembangan otak-otot mereka. Sebaiknya bila anda ingin menggunakannya juga, janganlah terlalu sering. Kebanyakan bayi menunggu sampai usia ini untuk mulai “menjelajah”, berjalan kesamping sambil menarik badan mereka sepanjang tempat tidur atau sofa dengan tangannya. Sampai bulan kesebelas, kebanyakan anak mengetahui sedikit kata-kata dan dapat menyebutkan nama barang, meskipun mereka masih berbicara tidak keruan. Anak pada usia ini memiliki pegangan keras, dengan jempol dan telunjuk, dan tidak mengalami kesulitan memegang benda kecil seperti kismis. Mereka juga tidak kesulitan untuk meletakkan benda-benda kecil di mulut. Sebaiknya menjauhkan benda-benda semacam itu dari mereka karena ukurannya cocok untuk menyumbat tenggorokan bila si anak menelannya. Anak-anak pada usia ini mungkin bisa memakai kaus kaki dan melepaskan tali sepatu sendiri.


Ya dan Tidak.


Sekitar usia ini, kebanyakan bayi mulai menyadari perbedaan antara baik dan nakal, dan untuk mencoba kata tidak. Inilah pola yang akan menjadi sangat lumrah pada bagian awal tahun kedua. Sekitar ulang tahun pertama, seorang bayi mungkin mulai berkata “tidak” secara terus menerus, diikuti oleh gelengan kepala. Anak-anak kecil sangat menyenangi hal ini dan mereka mungkin menolak untuk digantikan baju, menolak makan, menolak mandi, dan seterusnya.