Saturday, May 7, 2011

Kepala Sekolah Jadi Dalang Joki

Bojonegoro – Polres Bojonegoro, Jawa Timur memastikan otak pelaku perjokian UN di SMP PGRI 1 Kedewan, Bojonegoro adalah Mulyono, kepala sekolah SMP tersebut dengan maksud meningkatkan kelulusan siswa tahun ini. Demikian dikatakan Kapolres Bojonegoro, AKBP Widodo.


Widodo mengatakan, dari hasil pemeriksaan Kepala Sekolah SMP PGRI 1 Kedewan, Mulyono diketahu alasan dilakukannya pengaturan perjokian tersebut adalah untuk mengkatrol tingkat kelulusan siswasnya. Sehingga sekolah tersebut bisa diminati masyarakat.


Mulyono, ujar Widodo meminta untuk mencari enam joki. Dan dari pemeriksaan semua joki termasuk kepala sekolah SMP PGRI 1 Mulyono sudah ditetapkan sebagai tersangka.


Menyinggung apakah ada pihak lain yang terlibat, pihak kepolisian akan memanggil pihak-pihak pihak penyelenggara ujian dan dinas pendidikan. Widodo memperkirakan, praktek perjokian sudah lama dilakukan dan berlangsung berkali-kali. Pihaknya saat ini terus melakukan upaya pendalaman dari kasus tersebut.


Sebelumnya diberitakan, enam orang joki UN SMP berhasil diamankan Polres Bojonegoro karena menjadi joki UN di SMPN 1 Kedewan, Bojonegoro, Jawa Timur. Widodo mengatakan, keberadaan enam joki tersebut diketahui ketika ke enam joki tersebut mengganti enam siswa SMP PGRI yang mengikuti UN di SMPN 1 Kedewan.