Thursday, May 5, 2011

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TENTANG PERAWATAN DIABETES MELLITUS DENGAN KEJADIAN ULKUS DIABETIK DI RUANG RSUD

ABSTRAK


Diabetes mellitus merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, bila terjadi luka bisa berdampak pada ulkus diabetik. Sehingga perlu mendapatkan perawatan yang lebih intensif untuk mencegah terjadinya ulkus diabetik. Adapun tujuan penelitian untuk melihat adakah hubungan tingkat pengetahuan pasien tentang perawatan diabetes mellitus dengan kejadian ulkus diabetik.


Penelitian ini dilakukan di ruang Seruni RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dari tanggal 11 Juli s/d 16 Juli 2008 dengan 32 responden, desain penelitian cross-sectional, menggunakan data primer dengn cara mengajukan pertanyaan melalui lembar kuisioner, kemudian dianalisa secara univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji chi-square.


Hasil penelitian diperoleh 53,1 % pengetahuan pasien kurang sedangkan 56,2 % pasien mengalami ulkus diabetik. Berdasarkan chi-square diperoleh hasil 53,125 % pengetahuan pasien kurang dengan kejadian ulkus diabetik 56,25 %. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, dengan hasil nilai P : 0,000.


Di harapkan perawat ruang Seruni RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dapat meningkatkan pendidikan kesehatan atau penyuluhan kepada semua pasien sehingga pasien dapat melakukan perawatan diabetes mellitus dngan kejadian ulkus diabetik secara benar.