Friday, May 6, 2011

Gnome3 di Ubuntu 11.04

Melihat beberapa tampilan Gnome3, saya jadi tertarik. Walau waktu itu masih menggunakan Ubuntu 11.04Beta2 saya mencoba sesuai dengan instruksi dengan beberapa perintah dibawah ini :
sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3

sudo apt-get update

sudo apt-get dist-upgrade

sudo apt-get install gnome-shell
Hasilnya...tidak memuaskan seperti yang saya lihat dibeberapa referensi. Bahkan menurut situs resmi Gnome3 belum tersedia untuk versi Ubuntu. Dari kejadian tersebut saya justru ingin kembali lagi ke tampilan Ubuntu Classic. Tapi kembali tergoda untuk tetap bertahan sampai 'selapan dino' rilisnya Ubuntu 11.04. Akhirnya setelah rilis resmi Ubuntu 11.04, saya mencoba otak-atik kembali. Kali ini saya 'mainkan' perintah-perintah, sudo aptitude update && sudo aptitude dist-upgrade dan menuruti saran yang ada yaitu dengan menekan tombol Y.


Intinya saya mencoba terus sampai benar-benar Gnome3 terinstall atau rusak sekalian. Berikut ada beberapa tampilan dari Gnome3 di Ubuntu 11.04 (bukan Ubuntu 11.04Beta2 lagi karena sudah saya upgrade setelah rilis tepatnya sebelum NRP Jogja di Hartz Chicken).