Saturday, May 7, 2011

Bagaimana Tumbuh Kembang Bayi Bulan Ke Tujuh

Pemberian makan.


Karena ketangkasan manual bayi yang meningkat, waktu makan seringkali menjadi permainan. Para bayi mungkin hendak makan dengan tangan atau menyapukan makanan di seluruh alas dada, atau membiarkan makanan meleleh perlahan menuruni dagu mereka. Mustahil untuk mengatakan apakah hal ini menggambarkan suatu eksperimen dengan tekstur tubuh atau hanya untuk menggoda ibunya. Namun, apa yang tampak seperti ketidak-tertarikan pada makanan mungkin harus dilihat sebagai tahap penting dalam perkembangan kebebasan. Kebanyakan bayi tampak lebih tertarik makan dengan jari-jari mereka, dan cukup bijaksana untuk mengikuti keinginan ini. Tidak diperlukan kekhawatiran tentang gizi yang “baik Epada tahap ini sebanyak yang dikira orangtua.Kebutuhan harian minimum yang mutlak untuk diet yang sehat pada tahap ini adalah (1) 0,57 ml susu atau setara dengan keju, susu dingin rendah lemak, atau pengganti kalsium; (2) 30 cc jus segar atau 1 buah; dan (3) 29 gram protein yang mengandung zat besi, seperti dalam telur atau daging. Daripada mengubah waktu-waktu makan menjadi peperangan dan makanan menjadi simbol sesuatu yang lain, seorang anak harus mulai belajar memenuhi kebutuhannya sendiri. Ini mungkin adalah waktu yang baik untuk memulai peralihan bertahap ke pemberian cairan dalam cangkir. Cara bijaksana untuk memulai adalah dengan menawarkan bayi sedikit susu ibu atau susu formula dalam cangkir, dan secara bertahap meningkatkan jumlah yang diminum dari cangkir sementara jumlah susu dari payudara atau botol dikurangi. Pada bulan ke-10 atau 11, bayi bisa meminum kebanyakan cairan dari cangkir.



Permainan.


Seorang bayi pada usia ini mungkin juga menemukan permainan menyenangkan menjatuhkan sesuatu dan meminta orangtua mengambilkannya. Memungut barang yang jatuh lagi dan lagi mungkin memberikan kegembiraan besar pada seorang anak, tetapi melakukannya jauh lebih tidak menarik bagi orangtua. Tidak ada jalan untuk menyarankan seberapa sering orangtua harus menyerah pada tingkah laku yang jelas-jelas mempermainkan ini.



Kemajuan fisik.


Pada bulan ketujuh, banyak bayi telah mulai berjalan-jalan dan tidak bisa lagi ditinggalkan sendiri dengan aman. Kemampuan merangkak meningkat, walau beberapa bayi lebih suka menyeret pantat di lantai. Banyak juga yang sudah mulai menarik diri mereka ke posisi berdiri, suatu pengalaman yang mungkin mereka rasa sangat menyenangkan tetapi juga sedikit menakutkan pada mulanya, karena mereka belum tahu bagaimana menurunkan diri mereka. Jangkauan lengan dan tangan juga banyak meningkat. Bayi menggunakan setiap tangan terlepas dari lainnya, mungkin tanpa memilih tangan yang disukai. Kebanyakan bayi suka membanting mainan atau obyek lain bersama-sama, dan membandingkan perbedaan ukuran atau bentuk mereka. Bayi juga mungkin tertarik menusuk barang-barang. Semua colokan listrik yang tidak terpakai di rumah kini harus dibungkus dengan plastik.



Pertumbuhan gigi dan telinga.


Pertumbuhan gigi biasanya aktif selama masa ini. Gigi pertama, di rahang bawah, biasanya adalah yang terburuk. Selain meraba-raba gusi dan mulut, bayi suka meletakkan jari-jari di telinga mereka. Bila mereka terus menariki satu telinga dan tampak lekas marah atau terganggu, mereka mungkin memiliki infeksi telinga dan harus diperiksa oleh dokter.